Langsung ke konten utama

Opini publik ralation (PR)

 ralation



Hasil gambar untuk opini publik ralation gambar
Opini publik adalah pendapat umum yang menunjukkan sikap sikap sekelompok orang terhadap suatu permasalahan (menurut Prof. W. Doop). Opini publik adalah ekspresi segenap anggota suatu kelompok yang berkepentingan atas suatu masalah (menurut William Abig).
Dari definisi di atas, maka terdapat beberapa unsur penting dalam proses terbentuknya opini publik, yaitu:
  1. Opini publik terbentuk atas suatu hal yang penting.
  2. Opini publik merupakan campuran dari berbagai macam pikiran, kepercayaan. paham, anggapan, prasangka dan hasrat.
  3. Opini publik bukan suatu hal yang baku dan dapat berubah-ubah.
  4. Opini publik sangat peka terhadap peristiwa.
  5. Secara psikologis, opini pada dasarnya ditentukan oleh pandangan dan kepentingan pribadi/golongan.
Pembentukan Opini PublikTerbentuknya opini publik pada dasarnya seperti urut-urutan di bawah:
  1. Ada kejadian/informasi.
  2. Kejadian tersebut kemudian dicerna dan dikaji sesuai latar belakang masing-masing publik yang mengkajinya, tergantung kelompok publik masing-masing. Ada yang mengkaji berdasarkan fakta, ada yang berdasarkan sentimen, harapan, prinsip dan sebagainya.
  3. Hasil kajian tersebut lah yang kemudian disebut sebagai opini publik, opini dari masing-masing publik atas suatu kejadian, yang dikaji sesuai dengan sudut pandang masing-masing publik tersebut (bisa juga karena kepentingan atas suatu golongan).
Pengertian Humas dan Kegiatan KehumasanPublic relation (hubungan masyarakat), didefinisikan sebagai kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang didesain untuk mempengaruhi public secara signifikan. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa public relationadalah presentasi positif suatu organisasi kepada keseluruhan publiknya. Maka, dapat dikatakan bahwa public relation merupakan kegiatan komunikasi suatu organisasi dalam menciptakan reputasi yang positif perusahaan di hadapan stakeholders sehingga perusahaan tersebut dapat terus menjalankan bisnisnya dengan baik. Stakeholdersdalam kegiatan kehumasan adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Kegiatan kehumasan di sebuah perusahaan menjadi sebuah keharusan untuk membangun citra perusahaan. Kehumasan dipahami menjadi sebuah senjata ampuh untuk mempengaruhi opini publik kepada perusahaan.
Berdasarkan pengertian di atas maka public relation harus memiliki beberapa tujuan seperti di bawah ini:
  1. Untuk menciptakan citra (reputasi) yang positif kepercayaan dan saling pengertian dari publik atau masyarakat pada umumnya.
  2. Untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
  3. Menciptakan budaya, citra, suasana, yang kondusif dan menyenangkan, kinerja meningkat agar produktivitas bisa dicapai secara optimal.
  4. Usaha menciptakan relasi yang harmonis antara organisasi (perusahaan) dengan publiknya yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan
Kemampuan Opini PublikOpini publik dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang besar terhadap kejadian-kejadian umum, contohnya adalah sebagai berikut:
  1. Opini publik dapat memperkuat undang-undang atau peraturan, sebab tanpa dukungan opinipublik maka perundangan akan sulit dijalankan.
  2. Opini publik merupakan pendukung moril dalam masyarakat.
  3. Opini publik merupakan pendukung eksistensi lembaga-lembaga sosial.
Kaitan Opini Publik Terhadap Citra Kegiatan Kehumasan Suatu Organisasi/Perusahaan
Dikarenakan oleh besarnya kemampuan opini publik terhadap kejadian pada umumnya, seperti yang sudah disebutkan di atas, maka hal yang sama juga dapat  terjadi terhadap suatu perusahaan/organisasi dan kegiatan kehumasannya dan kaitannya dengan opini yang dimiliki publik terhadapnya, misalnya sebagai berikut:
  1. Opini Publik dapat meninggikan atau mengecilkan citra suatu organisasi. Misal, kegiatan CSR yang dilakukan oleh suatu organisasi dapat menimbulkan citra positif organisasi tersebut dan membentuk suatu opini publik yang positif. Sementara jika misalnya ada pemberitaan korupsi yang dilakukan oleh salah satu anggota di dalam sebuah organisasi, maka dapat menimbulkan opini publik yang negatif.
  2. Opini publik menentukan tingkat kepercayaan publik (masyarakat) terhadap suatu organisasi/perusahaan. Tingkat kepercayaan ini yang nantinya akan mempengaruhi keputusan-keputusan masyarakat terhadap produk yang dimiliki oleh organisasi tersebut.
  3. Opini publik dapat mempengaruhi eksistensi atau keberadaan sebuah organisasi/perusahaan. Jika opini publik adalah negatif terhadap sebuah organisasi, maka mereka tidak akan mengizinkan keberadaan organisasi tersebut di daerah tempat mereka tinggal, juga tidak akan mengijinkan anggota keluarga maupun kenalan mereka untuk bekerja/bergabung di dalam organisasi tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media cetak dan kit

Pengertian Produksi media merupakan cara untuk membuat   dan menghasilkan media terutama yang ditekankan disini adalah pembuatan media pendidikan.   Dapat digaris bawahi cara disini untuk menciptakan media terutama media elektronik bukan membuat alatnya tetapi membuat apa yang akan ditampilkan di dalam alat tersebut.   Media dapat dibagi menjadi beberapa   jenis seperti media visual, audio visual, media cetak, elektronik, media 2 dimensi dan media 4 dimensi. Kelima  jenis klasifikasi media cetak  : 1.        Jenis Media Cetak Berbentut Modul Modul adalah sebuah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru, sehingga modul berisi paling tidak tentang:   Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)   K ompetensi yang akan dicapai ,   C ontent atau isi materi   I nformasi pendukung , L atihan-latihan ,   P etunjuk kerj...

Internal relation

INTERNAL RELATION INTERNAL RELATION Definisi Internal Public Relations Kegiatan internal Public Relations adalah kegiatan yang ditujukan untuk internal publik organisasi / perusahaan. Publik internal adalah semua elemen yang mempengaruhi secara langsung dalam keberhasilan perusahaan, seperti karyawan, manajer, supervisor, pemegang saham, dewan direksi perusahaan dan sebagainya. Melalui kegiatan Internal Public Relations diharapkan dapat memenuhi kebutuhan internal dan kepentingan umum dari organisasi / perusahaan. Dengan hubungan yang harmonis antara pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan itu akan menciptakan iklim kerja yang baik. Dengan demikian operasi perusahaan akan berjalan dengan lancar. Kegiatan hubungan internal yang dilakukan oleh Petugas Hubungan Masyarakat, yaitu : Hubungan dengan karyawan (employee relations) Sebuah PR harus dapat berkomunikasi dengan semua tingkatan karyawan baik secara formal maupun informal untuk menentukan kritik dan saran yang da...

CARA KREATIF BELAJAR SINEMATOGRAFI dari RUMAH di TENGAH PANDEMIK COVID-19

                  Cara kreatif belajar sinematografi dari rumah di tengah pandemik Covid - 19                                         Hay guys ? sudah lama nih ngak menulis apa kabar nih guys semoga kita semua di lindungi ya dari penyakit Covid - 19 ini , akhirnya kembali lagi di blog aku , pada hari ini saya akan menulis suatu cara kreatif belajar sinematografi sebelum kalian semua sudah tau belom apa itu sinematografi sinematografi adalah ilmu terapan yang membahas tentang teknik menanggkap gambar sekaligus menggabung-ngabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memiliki kemampuan menyampaikan ide dan cerita. aku bakalan kasih tips cara kreatif belajar sinematografi dari rumah tengah pendemik Covid -19. * TEKNIK DASAR SINEMATOGRAFI DENGAN STEADY CAMERA. 1.          ...