PENULISAN NASKAH PR
Pada dasarnya PR harus memahami gaya jurnalistik dalam mengirimkan press releasenya. selain itu, informasi yang disampaikan harus memiliki nilai berita , penting dan berharga sebagai berita (news worthty)
penulisan press release layak muat apabila wartawan menulis berita secara langsung ( straight news )
dengan gaya piramida terbalik (inverted pyramid)

dimulai dgn membuat lead sebagai paragraf pertama yang mengandung unsur 5W+1H
press release pun mesti mengandung nilai berita (News Values) sebagai berikut:
penulisan press release layak muat apabila wartawan menulis berita secara langsung ( straight news )
dengan gaya piramida terbalik (inverted pyramid)
dimulai dgn membuat lead sebagai paragraf pertama yang mengandung unsur 5W+1H
- What — Apa yang terjadi, peristiwa apa.
- Who — Siapa pelaku atau orang yang terlibat dalam kejadian itu
- Why — Kenapa hal itu terjadi, latar belakang, tujuan, atau penyebab kejadian.
- When — Kapan kejadiannya, unsur waktu (hari, tanggal, bulan, tahun, jam).
- Where — di mana terjadinya, tempat kejadian, lokasi acara.
- How – Bagaimana proses kejadiannya, detail, rincian, kronologi, schedule, rundown, suasana, dll
press release pun mesti mengandung nilai berita (News Values) sebagai berikut:
- Aktual — peristiwa baru, hal baru, akan dan baru saja terjadi, hangat.
- Faktual — benar-benar terjadi, ada fakta dan data.
- Penting — penting diketahui publik atau menyangkut kepentingan umum; menyangkut orang penting.
- Menarik — menarik perhatian, menimbulkan rasa ingin tahu atau penasaran
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar